Jumat, 16 Maret 2012

let's find useful knowledge with good intentions^^

1 jam yang saya lalui sangat berharga bagi saya dan bisa membuat saya  "tobat" utk sementara meninggalkan hal-hal yg mudharat dan bisa menyadarkan saya betapa pentingnya berdakwah itu...Saya sangat bersyukur karena saya telah dikumpulkan di tempat dimana orang-orang berjalan utk dakwah ke JalanNya,mencari ilmu untuk mengharap ridhoNya..
Disini,aaya akan memberikan secuil ilmu yang saya dapatkan di Liqo',semoga bermanfaat bagi semuanya...
Etika dalam Menuntut Ilmu:
Ilmu sebagai sarana dunia dan akhirat. Ilmu utk dunia hukumnya fardu kifayah dan ilmu utk akhirat hukumnya fardu'ain. Jadi dalam menuntut ilmu diperlukan:
  1. Motivasi belajar
Sering kita bertanya,apa sih motivasi belajar kita?Pengen segera lulus?Pengen segera punya penghasilan?Pengen Kaya??ada celetuk begini; Kalau mau kaya jangan jadi Dokter,Jadilah Pengusaha..Karena apa?Sebelum kita terlanjur belajar sampe semester akhir,kita ubah deh mind set kita,yang mana pertama kali mikirnya..Eh,jadi Dokter enak ya?banyak pasiennya?terkenal?kaya?gampang nyari jodoh?dll..Udahlah,di kedokteran kita berniat utk "memberi",maksudnya memberi adalah kita berikan segala kemampuan dan ketrampilan kita nanti utk sosial bagi masyarakat luas,utk membantu mengobati bagi para pasien yg sedang kesakitan..

     2.  Membetulkan niat
Niatnya hanya mencari ridho Allah semata..jangan hanya jika kuliah/ngampus,cuma sekedar ngampus...atau malah parah lagi kalau cuma niatnya biar bisa ketemu doi..Astaghfirullah...inget ya,ortu udah susah payah,mencari nafkah agar bs tercukupi kebutuhan kuliah kita,jika kita menyelewengkan amanah beliau...jangan sampe deh..okee,guyz.. ;)

     3.  Berkesinambungan belajarnya
Ilmu seperti luasnya dalam,semakin kita menyelami ke dalam lautan,semakin kita mengetahui isi lautan itu.Semakin kita belajar dan mencari ilmu,semakin kita tahu,bahwa ilmu kita belum seberapa.Jadi,carilah ilmu sampai negeri cina dan continue ya..jangan setengah-setengah,takutnya ilmu yang dicari juga dapatnya setengah,hehe..

     4.  Sabar dalam menghadapi rintangan dalam menuntut ilmu
Hlaa ini dia,kuncinya Sabar dan IKhlas.Sering kita,juga sebagai mahasiswa,kita sering diberikan cobaan,baik dapat tugas banyak,ditegur dosen,pretest refrat,dapat nilai IPk jelek..Itu memang roda di dalam bangku perkuliahan,tapi jalanin saja ya..dan tetep struggle..struggle..spirit,,,spirit...'n smile (kl kelewatan serius,menakutkan kalau wajahnya ikutan serius,ngerilah..hoho). Saya sering apalagi saya adalah mahasiswi tingkat pertama,banyak bgt,kalau boleh jujur saya masih blum bisa adaptasi dgn baik,dan masih mencari-cari cara belajar yg baik..memang saya orangnya gak suka teori/membca,lebih ke arah prakteknya,tapi di kedokteran dituntut untuk suka membca..saya sampai malu sendiri,keliatan khan kl orang rajin membaca,pake kacamata,tapi saya tidak.Saya sering suka cari bahan referensi langsung dari internet,krn itu menyenangkan,namun kita jangan lepas dengan yg namanya Buku..Tutor saya pernah bilang "jika kamu mau nyari bahan referensi,untuk bahan tutorial atau LO,pertama kali carilah buku kamus Dorland atau buku2 lain sesuai materi tutorial yang ada" So,Budayakan untuk membaca ya,teman-teman ;)

      5. Menghormati guru/dosen/murabbi
Hmm..pernah gak di benak teman-teman rasakan,sudahkah kalian menghormati dosen kalian??atau malah dendam karena nilai tutorial/praktikum/osce kalian dapat jelek??Bagaimanapun dosen adalah fasilitator kita,mereka telah berjasa untuk membatu kita dalam memahami materi kuliah kita.Beliau yang mengajari kita tata krama,sopan santun,dll.Jadi,wajiblah kita untuk menghormati beliau dan mendoakan beliau yang membantu kita dgn jasa-jasanya yg tulus. :)

Salah satu keutamaan dalam menuntut ilmu adalah Allah akan memudahkan jalan kita ke surga bagi orang yang mau menuntut ilmu.

Semoga Alloh memberikan semangat kepada kita semua untuk menuntut ilmu agama dan mengamalkannya, sehingga meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.

Tetep semangat Teman2..Man Jadda Wa Jadda!

*Keep Spirit and Smile*
Cherss_rere
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar