Minggu, 29 April 2012

Mrs/Mr.Galau?

             Of Course, aq dpt ide nulis ini krn kebetulan pengalaman yg saya dapatkan sendiri. Then,Kenapa sih bisa dipanggil Mrs.Galau???
There,saya akan membahas tentang apa sih itu Galau? Epidemiologinya dari mana aja? Apa Penyebab,Gejala dan Pencegahannya?? Simak ya,jgn kemana-mana!

"Galau"

              Menurut Pakar Motivasi Terkenal Indonesia,Mario Teguh,yg mana opini beliau saya temukan di jatisrono.com bahwa Galau merupakan kegamangan krn tidak ada kejelasan dlm kualitas masa depan. Di situ terdapat jelas bahwa Kegalauan itu Gak selamanya ttg "cinta",tapi juga tentang hal lain,mungkin kebanyak orang selama ini beranggapan bahwa Galau itu identik dgn unek-unek ttg Cinta. Menurut Pak Mario, Galau itu  ada tahapannya dan bisa bikin sukses jg. Menurut beliau, Galau ada 2 tahap yaitu Galau pertama utk diri sendiri dan Galau Kedua utk kebahagiaan orang lain. Tahukah anda, Jika kau adalah orang yg "penting" bagi Tuhan, engkau akan dibuat galau atas keberhasilanmu, jadi Hidup ini adalah Perjuangan, kita sbg makhlukNya yg disayang olehNya, kita sering dibolak-balikkan hati kita, cobaan tiada henti,krn agar kita bisa menjadi hambaNya yg mau berusaha dan tidak bermalas-malasan.
              Menurut saya,Galau itu suatu anugerah yg harus disyukuri,krn apa? krn galau lah,kita bisa belajar dlm menyikapi masalah sebijak mungkin. Ya,mungkin ada beberapa orang melihat galau itu dari sisi negatifnya saja,tanpa mempertimbangkan positif yang bisa kita dapatkan.

               Penyebab dari Galau sendiri adalah masalah-masalah dari pribadi seseorang yg belum bisa ditemukan jalan keluarnya. Ada beberapa Faktor yg bisa menimbulkan rasa Galau,seperti yg dilansir pada web zona remaja.com , ada 4 faktor diantaranya Social Media (dari status-status yg bermunculan dlm fb dan twitter), Kurang Teman (gak ada temen sharing utk mendengarkan masalah yg sedang terjadi), Kurang Ibadah (kurang mendekatkan diri kpd Nya) dan Tayangan Media (tentang masalah-masalah yg dikemas apik dalam tayang sinetron,dll)

                Gejala Galau bisa bermacam-macam,seperti yg saya kutip di wordpress faridauliatanjung, yaitu
1. Mendadak bingung apa yang ingin dilakukan
Jika anda telah mengalami terdiam selama lebih dari 5 menit tanpa menyadari apa yang ingin dilakukan, waspadalah. Artinya anda telah terserang penyakit galau.
2. Kesulitan untuk berpikir
Jika anda adalah seorang yang kreatif, penuh ide, dan energik, maka ciri-ciri ini akan terlihat jelas. Tiba-tiba anda akan merasakan bahwa otak anda tidak dapat dikontrol, pikiran melayang, sulit bertindak rasional. Gejala yang dialami tiap orang berbeda-beda. Untuk gejala ringan hanya dialami selama 5 -30 menit, untuk gejala medium akan dialami paling lama 1 hari, jika anda telah mengalami kesulitan berpikir hingga lebih dari 1 hari, maka anda telah terserang galau gejala akut.
3. Malas makan
Ciri-ciri ini akan terlihat sangat jelas jika anda adalah anak kos yang maruk makannya, maka ciri-ciri ini akan semakin jelas. Biasanya anda akan menjadi tidak tertarik dengan makanan dan kemudian memilih menyendiri, bengong, dan segala aktivitas lainnya yang membuat anda malas.
4. Langkah berat
Semakin terlihat jelas jika anda adalah seorang yang aktif dan senang melangkah dengan lugas. Tiba-tiba anda akan merasakan untuk malas melangkah, sekalipun melangkah maka langkah tersebut terasa sangat berat. Tatapan mata anda kosong dan arah yang anda tuju seringkali tidak konsisten.
5. Sampai mimpi pun terus terpikir
Ini merupakan gejala terparah. Jika hal ini telah terjadi, maka anda benar-benar galau.

               Dan bila Galau ini berkepanjangan dan tak dapat dikondisikan dan dikendalikan dgn baik oleh pemilik rasa yg galau ini, maka bisa menyebabkan perasaan depresi dan putus asa yg sangat besar serta suasana jiwa yg labil yg berakibat menjadi Penyakit Bipolar. Menakutkan,khan?
             
               Ada beberapa jenis makanan yg bisa Meredakan Galau,seperti yg dilansir juga pada Health Kompas.com, antara lain:
1. Omelet

Makanan yang kaya akan vitamin B seperti telur dan kuning telur telah terbukti mengatasi gejala depresi berat. Vitamin B, terutama B6 dan B12 membantu meningkatkan fungsi saraf yang mengatur mood. Protein dalam telur dan daging tanpa lemak juga membantu rasa kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber magnesium, mineral alami yang berpengaruh pada produksi serotonin, zat kimia otak yang memberi perasaan bahagia. Magnesium juga meningkatkan produksi energi.

3. Ikan laut dalam

Ikan laut dalam seperti salmon, tuna, herring, atau makarel, merupakan sumber asam lemak omega-3. Alternatif lainnya adalah suplemen yang mengandung omega-3. Makanan sumber omega-3 DHA telah terbukti meningkatkan kualitas membran dan fungsi saraf di area otak abu-abu yang 20 persennya terdiri dari DHA.

Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi DHA yang cukup akan berpengaruh pada beberapa area otak yang berkaitan dengan mood. Orang-orang yang menderita depresi berat pada umumnya kekurangan area abu-abu di bagian otak tersebut.

4. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga tidak menyebabkan gula darah cepat meroket. Ini berarti tidak akan memicu perubahan mood. Karbohidrat kompleks juga akan meningkatkan level serotonin di otak. Sumber karbohidrat kompleks antara lain beras merah, gandum, bekatul, pasta, dan sebagainya.

5. Teh hijau

Menyeruput secangkir teh hijau bukan hanya menyegarkan tapi juga menenangkan. Hal ini karena teh hijau memiliki L-theanine, asam amino yang ditemukan pada daun teh. Riset ilmiah menunjukkan asam amino itu bisa meningkatkan fokus serta memberi efek menenangkan pada tubuh.

               
Yaa..demikian sedikit uraian saya tentang Galau.Kenapa saya buat status Galau bisa buat prestasi?
Tergantung bagaimana kita menyikapi secara bijak penyakit Galau yg sering mereda para remaja saat kini. Buatlah Galau itu sebagai Semangat tersendiri anda dalam meraih prestasi dan pencapaian. Jadi, inilah saatnya dan waktunya utk para generasi muda menyuarakan "Galau itu Bijak,Galau itu bikin aq Semangat!"
Okey,Tetep Semangat ya Kawan! Jangan Patah Semangat!

Keep Spirit and Smile!

Regardz,
RereSpirit^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar