Selasa, 23 Agustus 2016

ORGANISASI: Tempatmu ber-Silahturahmi, Inovasi Diri, Persahabatan

Organisasi...


Merupakan kumpulan dari orang-orang yang satu pikiran, satu visi, satu misi dan juga menjalin silahturahmi bersama. Disini saya mengenal awal organisasi saat masuk perkuliahan. Berbekal modal keingintahuan besar, saya ikuti organisasi-organisasi baik dari dalam maupun luar kampus.

Di dalam kampus, saya mengikuti organisasi yang begitu sakral, ya di Badan Eksekutif Mahasiswa. Kita disini dibentuk untuk membuat sejarah fakultas kita. Saya yang awalnya hanya sebagai Maba, di BEM, saya mulai setahap demi tahap berkembang. Bekerja di suatu bidang yang saya tekuni di bidang IT, ya di Bidang Infokom, awalnya menjadi anggota, lalu tahun ke-2 saya diamanahkan menjadi Kepala Divisi Eksterna (karena saya suka melancong ke luar negeri kampus, suka nimbrung jadi perwakilan-perwakilan delegasi-delagasi), sebelum jadi Kepala Divisi, saya pernah mencoba diri saya untuk mengikuti audisi seleksi Presiden BEM FK, yang hanya kandidatnya 2, satu cowok, satunya cewek termasuk saya. Ya saya sudah yakin tidak bakal bisa lolos, tapi saya tetap bersyukur mendapat kesempatan yang berharga ini. Dan Karena juga basic nya Muhammadiyah, saya juga pernah terjun dan mengikuti acara-acara kegiatan-kegiatan IMM Komisariat FK UMS. 
Acara Pertama masuk Organisasi "Rakorwil 3 ISMKI" Tuan Rumah FK UMS

Salah Satu Acara Pengobatan Gratis oleh Divisi Sosial IMM Komisariat FK UMS

Di dalam kampus (2), saya mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bagian Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), karena mungkin saya suka nulis dan editing foto-foto (sekarang pun masih suka nge-Blog tapi masih belum bisa bikin tulisan yang bermakna dan bermanfaat untuk khalayak umum :')
Di luar kampus, saya mengikuti organisasi Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), apalah apa kata orang, tetapi dari ISMKI inilah saya banyak belajar. Bukan Rere yang pemalu yang selalu deg-degan dan tremor bila berbicara di depan umum, karena di ISMKI lah Rere bisa berkembang dan remor pun hilang dan alhamdulillah mendapatkan kesempatan menjadi pembicara meski baru di kampus. ISMKI, organisasi yang saya cintai, meskipun banyak yang bilang organisasi yang 'kurang santai' dan banyak 'tegang', itu sama sekali tidak saya rasakan disini, saya mendapatkan banyak kawan baik di kampus-kampus universitas yang berbeda-beda. Suka juga bisa tampil pakai almamater kami yang warnanya berbeda-beda, ada merah, biru, kuning, pokoknya keren. Saya dulunya juga tidak berani naik bis diluar Solo, karena ISMKI lah saya bisa berani naik bis sampai Semarang dan Jgja (Tapi di Luar Jawa Tengah masih belum nyoba sih, ehehe). DIsini saya mendapatkan amanah awalnya lagi-lagi bagian IT, ya di KIK (Kesekretariatani, Informasi dan Komunikasi) jadi anggota, lanjut tahun ke-2 menjadi Sekbid KHIK (Kesekretariatan, Humas, Informasi dan Komunikasi) untuk Wilayah 3 yang terdiri dari universitas UMS, UMY, Unimus, Unlam, Unmul, UGM, UNS, UII, UNissula (Belum pernah naik nasional, huhu saking sayangnya sama wilayah 3).
Acara BEM FK UMS "Kiddy Doctor" di Gedung Lama FK UMS

Di ISMKI (2), saya juga mengikuti Badan Pers nya, namanya BPN ISMKI. Ini baru ikut yang nasional, belajar lebih banyak orang FK di Luar Jateng. Awalnya saya bagian Divisi SPektrum (yang bikin berita-berita Majalah BPN), tahun ke 2 saya diamanahkan menjadi Kadiv Eksterna (Mungkin karena masih banyak kenal saudara2 dari ISMKI). Disini saya belajar menulis berita, ternyata bikin berita gak segampang yang diperkirakan ya, keren pokoknya yang kerja di jurnalis Koran Harian. Mengejar deadline majalah yang bukan harian saja susah, apalagi yang terbit setiap hari. Kami terbit 4 kali tiap masa jabatan lho.
Dengan Bangga Mengepalkan Tangan sambil menyanyikan Langgam Mahasiswa

Selain itu, saya juga pernah mengenal organisasi gak hanya untuk kalangan orang-orang FK seperti Swayanaka (Yayasan Penyayang Anak), saya mengenal Swayanaka dari teman saya FK Unair'07 Kak Aka dan Kak Intan, orang-orang hebat dari Swayanaka ini ada yang sering masuk koran dan menerbitkan buku-buku seperti Kak Intan dan bisa masuk PPDS Spesialis seperti Kak Aka. Swayanaka jg ada di Solo, alhamdulillah saya usul dulu waktu itu dengan Kak Aka, dan sempat mengajar juga disana.
Meriahnya Acara Perdana BPN ISMKI yaitu "Pelatihan Jurnalistik Nasional" Tuan Rumah dari FK UII

Gimana, masih diragukan lagi ikut organisasi??
Gimana sama IPK?? Alhamdulillah, IPK target bisa tercapai meskipun belum bisa cumlaude, hehe.
Semoga kita selalu semangat untuk yang masih muda dan terus berjiwa muda!! ^_^
Katanya sih "Wonder Woman" kadang kemana-mana Wakil Delegasi cuma Seorang (Keliatan Jomblo) :')

Ihihihi,..Pertama Kali Ngomong di Depan Orang,..Malu lah, gigi mana berantakan kayak gitu


Dan masih banyak foto-foto yang sampai ada yang sudah hilang...tapi kesempatan emas ini akan selalu dikenang kapanpun yang bisa diceritakan anak dan cucu....Keep Spirit!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar