Jumat, 17 Februari 2012

Kenapa harus Beda?Kenapa Gak Sama?Mari Kita sekali-kali mengkritisi ini!


Benar-benar saya rasakan...Mahasiswa..Gak hanya tentang siswa yg menimba ilmu belajar di sekolah/kampus,tapi juga “Maha”...Apa arti Maha disini??
Maha...Mahasiswa adalah Siswa yg berada ditingkat paling puncak dari yg lain..
Maha...Mahasiswa adalah sekumpulan Siswa yg sudah Dewasa, baik Dewasa dari segi Fisik,Pikiran,Emosional,Tanggung Jawab,dsb..
Maha...Mahasiswa merupakan Penentu dan sbg Tulang Punggung Negara utk ke depannya..Mau dibawa Negara kita nanti tergantung dari Peran Mahasiswa itu juga dan sangat berpengaruh terhadap fondasi dari suatu negara tsb.
Contohnya saja, Pak Harto harus mengalah dan lengser krn kekuatan demonstrasi para Mahasiswa2 Trisakti yg berkorban demi suara mereka..
Ya lain sebagainya...Mungkin Anda memiliki pemikiran dan asumsi sendiri tentang arti mahasiswa tsb..Namun yg akan saya bahas disini bukan tentang Mahasiswa itu tapi lebih dominan dimana tempat/institusi yg digunakan utk mencari dan menimba ilmu mereka..
Kita berasal dari berbagai Suku,Ras,Marga yang berbeda..tapi kami disatukan dlm 1 visi yg tertuang di dlm Bhineka Tunggal Ika dan pedoman bangsa kita Pancasila..Seperti di kampus, kita berasal dari berbagai tempat yg tersebar luas di lingkup Negara Indonesia, ada yg berasal dari Sumatra,Jawa,Kalimantan,sampai Jayapura..
Di lingkup institusi tempat menimba ilmu mahasiswa, ada yg berasal dari institusi di bawah naungan yayasan,ya di univ swasta dan ada yg berasal dari univ negri di bawah naungan negara langsung/pemerintah. Disini kita bisa dan boleh memilih mau kuliah dimana..Tapi tak semua jalan mudah dilewati..Seperti kita mau ngambil jurusan yg sangat tinggi dan elit (seperti Kedokteran)..Selain butuh dana yg besar, tapi jg butuh kecerdasan otak yg brilliant jg..Ya disinilah yg ingin saya keluarkan uneg-uneg yg selama ini saya pendam (mungkin dari Anda jg pnh memikirkan hal ini?)
\
Di Post sebelumnya, saya sudah menguraikan perjalanan saya hingga sampai bs kuliah di kampus FK,betapa susahnya utk masuk disini dengan segala daya,perasan otak, dan dana yg sangat menyayat hati...Setelah masuk disini, walau beberapa bulan, saya merasakan betapa lebih susahnya disini..
Walau saya terus berusaha belajar, doa, dan jg husnudan kepadaNya, tapi memang sistem disini beda dgn yg lain...Yaa,selain kami dipadatkan jadwal kuliah yg full abiez,tiada hari libur,kl ada itu akhir semester dan sebagian besar dari kami dipkai utk perbaikan nilai atau bisa dikatakan remidi atau bahasa kerennya SP..Walau kita ngos-ngosan ikut remidi itu, tapi tetap saja Nilai IP yang kami dapatkan bikin muntah,kenapa?krn disini sangat sangat susah utk hanya mendapatkan nilai IP 3!!!Apa kami kurang belajar dan apakah kami kurang cerdas??Tapi saya gak akan mengolok diri saya sendiri..sembari intropeksi diri, saya disini merenung...,betapa mudahnya teman2 kami yg bukan di yayasan mendapatkan nilai IP 3, bukan krn apa-apa krn disana sistemnya sudah terarah dan teratur..saya merasakan sendiri disini, sepertinya kami itu sbg bahan coba-coba, seperti contohnya dalam biaya remed..sebelumnya ditarik harga 4 jt dibagai peserta remed blok jadi setelah mendekati hari H utk review diubah jadi 50ribu/anak..Saya juga bingung sendiri mengapa berubah-ubah begini???
Oya,disini jg jarang ada libur, padahal yg lain sabtu itu libur ya???Tidak,kami disini tetap ngampus sampe-sampe saya pernah ada 3 praktikum dalam sehari!!Subhanallah yaa....


Ya ini baru sebagian uneg-uneg saya...walau masih ada banyak yg lain...Benar kata Pepatah, setiap sesuatu itu ada kekurangan dan kelebihan..Kelebihan disini adalah, kami bisa lebih memperdalam ilmu agama kami disini krn kami sering diberikan sajian-sajian ilmu agama, diajari banyak hal agama yg sangat kami butuhkan..Disini, kami boleh saling berekspresi sesuai bakat dan minat kami lewat organisaasi dan UKM..Alhamdulillah, saya bs masuk BEM, disini selain saya bs belajar banyak tentang kepemimpinan jg banyak kawan-kawan yg saling mendukung satu sama lain..Banyak kenangan indah disini, di kampus kecil kami ini...Itulah yg bikin saya eman-eman utk pindah..lagian orang tua sudah mengeluarkan uang banyak utk kami...Ya, tetap jalani aja apa adanya..walau susah,tetap percaya Allah Gak Akan Ngasih Ujian dan Cobaan berat dan tetep sesuai dgn kemampuan HambaNya..Percayalah pasti Dia akan selalu memberikan kita kemudahan...
Ok,Tetep Semangat ya,Kawan-Kawan!MAri kita saling bersatu utk menjalani ini semua dgn bersama...Chayoo!! :)




Hidup Mahasiswa!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar