Senin, 16 Mei 2016

Bagaimana hijrahmu ya ukhty?






Ukhty, bagaimana hijrahmu? sudah sampai mana hijrahmu ya ukhty yang dikaruniai kecantikan dari Alloh SWT? Kamu tahu apakah langkahmu sudah benar untuk berhijrah?

Banyak sekali orang-orang di sekitar yang sudah berjuang untuk berhijrah. Sebenarnya hijrah itu seperti apa sih?


Makna Hijrah Bagi Muslimah... | by: @FelixSiauw
  1. tatkala seorang Muslimah hijrah di jalan Allah | maka pola pikir dan pola sikapnya akan berubah
  2. dari berpusat pada manusia menjadi berpusat pada Allah | dari ibadah untuk dunia menjadi dunia untuk beribadah
  3. dari bangga diperhatikan menjadi malu saat dipandang mata | dari menakjubi gemerlap dunia menjadi senang menambah takwa
  4. Muslimah yang berhijrah lebih sederhana dihadapan manusia | dan lebih memperhatikan detil pernik cara ibadahnya
  5. maka hijab yang dia kenakan justru bukan penarik perhatian | karena baginya perhatian Allah lebih daru kecukupan
  6. baginya hijab bukan pakaian agar dikagumi, dikatakan fashionista | tidak pula agar jadi lebih cantik, agar bisa dianggap kaum sosialita
  7. baginya kerudung bukan pengganti indahnya rambut tergerai | dan jilbab bukan pengganti lekuk badan gemulai
  8. Muslimah berhijrah artinya meninggalkan nafsu dirinya | menjauhkan diri dari ingin diperhatikan dan dikagumi manusia
  9. cukup baginya luasan kerudung sampai ke dada, dan panjang jilbab turun ke kaki | adapun warna, adapun gaya, tidak perlu berlebih-lebih
  10. berhijablah hanya karena Allah semata | karenanya engkau tak lagi perlu dikagumi manusia
  11. semakin paham seorang Muslimah akan agama ini, semakin sederhana hijabnya | karena iman itu tidak rumit, dan karena taat itu sederhana
  12. perkara niatan itu memang ada didalam hati, karenanya sudah dinilai | baik dinilai oleh orang lain, juga oleh dirimu sendiri
  13. terkadang terselip niatan ingin diperhatikan, ingin dikagumi | namun terbungkus dengan kepalsuan “untuk Islam” “dakwah Islam”
  14. karena niat itu perkara yang tak bisa ditakar, maka perhatikan yang luaran | berpakaianlah sederhana, insyaAllah niat akan disempurnakan
  15. berhijablah karena Allah | sederhanakanlah hijabmu
- See more at: http://rohis.itsar.org/makna-hijrah-bagi-muslimah-felixsiauw/#sthash.gvymTIpz.dpuf

Ya itu sebagian dari pengertian hijrah..Namun pernah tidak kau rasakan ya ukhty? Ketika langkahmu ingin berhijrah, terkadang hati ini, yang kau tahu ya ukhty... Hati yang mudah dibolak-balikkan oleh Ya Rabbi ini. Apakah akan kokoh jika kau hanya hijrah sendiri ya ukhty? apakah orang-orang di sekitarmu sudah mendukungmu dengan niat hijrahmu ini??

Ku sadari dari pribadiku ini.. Aku jika dilihat kebanyakan orang seperti wanita biasa yang tidak terlihat meyakinkan seperti muslimah yang lain. Aku yang hanya sendiri ini, yang begitu merindukan diantara ukhty2 yang bisa bersama berjuang utk hijrah ini, merindukan memiliki sahabt yang 1 pikiran utk berhijrah bersama. Rindu akan komunitas liqo' ini. Ya Alloh, mengapa susah diriku ini untuk menemukan ukhty2 seperti ini sekarang??
Betapa ku rindu...rindu...rindu sekali,,,,
Aku masih teringat dulu akan zaman SMA. Aku tak mengerti jalanku ini, langkahku yang membawaku untuk mengikuti ekskul ROHIS SMANSA.Awalnya kelas 1 SMA, aku hanya perempuan biasa yang masih belum menjulurkan hijabku ini. Aku memiliki sahabat, yang dipanggil saja Tink, untuk mengajakku mengikuti ROHIS. Alhamdulilllah, disana aku dterima, meski aku belum berhijab. Alhamdulillah aku bertemu teman2 disana, bersama liqo' di sela2 waktu kami sekolah dan rutin tiap minggu kami ada acara pengajian minggu di masjid SMANSA yang berada di belakang sekolah. Pas saat menginjak di kelas 2 SMA, alhamdulillah aku berhijab bersama temen2 Rohis. Kelas 3 SMA, aku sudah jarang mengikuti liqo' karena persiapan untuk ujian nasional dan lebih sering untuk belajar bimbel di depan seberang SMA. 
Masuk perguruan tinggi, tepatnya di FK UMS. Langkahku juga membawaku utk mendaftarkan diri di Forum Studi Mahasiswa Kedokteran, tapi hanya sebentar saja dan tak bisa meneruskan. Entah kenapa aku tak bisa mengikuti lagi forum itu, hatiku sedang goyang, padahal aku sudah masuk di bagian itu. Di lain pihak, aku memiliki temen2 kuliah yang ternyata mereka memiliki kelompok liqo' yang rutin tiap habis isya untuk sebentar bersama berdiskusi sesama muslimah, dan lagi-lagi hatiku goyang, hanya beberapa bulan saja aku mengikuti diskusi liqo' bersama temen2 kuliah. Aku terlalu sibuk dengan organisasi yang banyak akhwat dan ikhwan bisa berkumpul bersama. 
Kini...aku masuk dunia kepaniteraan di Rumah Sakit. Aku merasakan sangat sangat sepi, Aku sudah tidak memiliki organisasi yang bisa ku ikuti. Aku hanya sendiri. Sahabat2 ku yang dulu pernah ada, yang dulu berjuang bersama utk menyelesaikan skripsi, kini kami saling menjauh, apakah karena hati yang goyah dan membeku masing2 dari kami?? 
Kini.. aku hanya bisa berjalan tergopoh-gopoh sendiri, aku sudah jauh tidak bertemu dengan rekan dan sahabat yang dulu pernah liqo' bersama, berbda tempat koas, berbeda profesi, ada yang sudah menikah. Meski masih ada socmed utk berkomunikasi, tapi kini terasa berbeda. YA Alloh, apakah ini hukumanku karena aku dlu pernah memiliki hati yang goyah yang kurang bisa istiqomah??
Kini aku berdomisili sementara di daerah sebelah timur dari Solo. Alhamdulillah, meski begitu susah dan tertatih langkah ini, Alloh masih memnberikanku nafas untuk masih bisa berjalan melewati hari. Di kala, stase obsgyn, konsulen saya selalu mengingatkan kami utk mengikuti pengajian rutin di Masjid Aguung di Kota kami tempati utk kepaniteraan ini. Kadang jika ada waktu tidak jaga, langkah ini ku bawa kemana ku bisa curahkan segala hati ini. Masjid yang selalu nyaman dan terdekat di t4 koas, Masjid di suatu perguruan tinggi negeri di Solo. Ku tapaki setiap lantai2 disana, saat langkah ini berjalan setahap demi tahap, mengapa selalu aku teringat keadaanku, baik dosa2, pengalaman, yang pernah ku lakukan dan ku dapatkan.
Ya Alloh, di tengah2 perbaikan diriku ini, di tengah kebahagiaan bersama keluargaku kecilku bersama ayah, ibu, adik,, dalam menanti suratan yang Kau siapkann utkku, dalam penantian jodoh yang Kau rahasiakan utkku,aku mohon, berikanku waktu2 dimana aku bisa bertemu denganMu, pertemukanku dengan sahabat2 yang bisa saling mendukung satu sama lain, sahabat2 liqo' yang ku rindukan.. Betapa ku rindu,.,rindu Ya Alloh,,,,Hadirkanlah mereka....Kerinduanku ini Ya Alloh.. Ku pasrahkan padaMu Ya Rabb..

                                          Betapa indahnya ukhuwah islamiyah dalam penantian

*) teruntuk sahabat2ku yang ku rindukan: Pratiasa (Tink), Tantin, Nurvita, Mbk Chazz, Alfi, Helmina (Amy), dan temen2  ROHIS SMANSA dan Liqo' lainnya yang jauh disana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar