Sabtu, 28 Mei 2016

(Hijrah-Q) Pengalaman pertama sbg Pembicara

Assalamu'alaykum, Wr, Wb. 




Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Segala syukur ini ku panjatkan kepada Mu, Ya Rabb. Engkau yang ku cintai. Engkau yang ku sembah. 

Pada tanggal 26 Mei 2016, tepatnya pada hari Kamis, saya mendapatkan pengalaman yang besar yang sebelumnya belum pernah ku lakukan. Sebelumnya aku yang hanya aktif menjadi seksi-seksi atau anggota di suatu acara di organisasi saat jaman kuliah dulu. Tiba-tiba pagi hari saat aku menanti waktu visite dokter ke bangsal, aku mendapatkan sms dari adik tingkat FK. Aku mendapatkan amanah untuk menggantikan pembicara lain di dalam acara medical talk show, yang perdana diadakan adik2 BEM FK UMS. Alhamdulillah, hari itu aku juga tidak mendapatkan jadwal jaga. Lalu aku planning waktuku agar tepat pukul 15.00 sampai kampus FK di Pabelan. Jarak antara RSUD tempat koas dan kampus FK di Pabelan cukup memakan waktu 30 menit karena padatnya jalanan. Sebelum sampai di kampus, saya mendapatkan banyak telpon dan sms dari adik2 bahwa acara sudah mau dimulai. Meski saya sudah berangkat 30 menit sebelum waktu acara, sampai sana terlwat hampir 45 menit. Lalu aku merapatkan sebentar motorku ke suatu pom bensin di Manahan, setengah jalan sebelum sampai kampus untuk menunaikan waktu ashar. Sesampai di kampus, aku bisa bertemu dengan adik2 BEM dan adik2 tingkat angkatan bawahku 2013, 2014, 2015. Masya Alloh, 1 ruangan kelas full banyak adik2 yang hadir. Sempat tanganku bergetar karena gugup. Rere yang dulunya waktu sekolah dari SD, SMP, SMA selalu malu di depan podium atau banyak orang, dan hari itu harus bisa berbicara di depan adik2 tingkat yang begitu banyak. Bismillahirrohmanirrohim, sebelum ke kampus, aku sudah menyiapkan presentasi berupa video agar bisa dipresentasikan di depan adik2. Lalu sambil video berjalan, ku jelaskan tentang pengalamanku selama kepaniteraan klinik. Alhamdulillah, banyak adik2 tingkat antusiasme mengikuti jalannya penjelasan dan presentasiku. Setelah video selesai dan presentasiku selesai, aku diajak oleh moderator untuk memulai talk show. Aku diberikan sekitar 5 pertanyaan untuk bisa membagikan pengalaman2 yang pernah ku dapatkan. Alhamdulillah 1 jam tepat selesai juga. Tak terasa, antusiasme adik2 tingkat memperhatikan talk show begitu besar. 
Aku tahu, aku hanyalah mahasiswa biasa, IPK tidak Cumlaude, aktivis biasa yang mengikuti banyak organisasi selama kuliah, mendapatkan kepercayaan adik2 tingkat. Entah bagaimana Allah memberikan skenario yang sungguh indah ini, memberikan kesempatanku untuk mengolah skill ini, memberikan kesempatan untuk diriku menyibukkan diri dengan hal2 yang positif. Setelah selesai, aku bertemu dengan dosen kampusku yang dulu mengajariku waktu preklinik, dan Masya Alloh setelah memberikan salam beliau juga membalas dengan senyum yang baik juga. Saat maghrib juga, ku putuskan untuk shalat di mushola kampus. dan Masya Alloh, betapa antusiasme adik2 tingkat masih ada, masih ada yang menanyakan tentang koas padaku. 

Sungguh, 1 hari indah itu, dimana semuanya kembali kepada skenario yang ALLAH SWT berikan pada hambaNya. SkenarioNYa sungguh Indah...Sujud syukur ini selalu ku panjatkan pada ALLAH SWT.



Wassalamu'alaykum, Wr, Wb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar